Bagaimana Islam Menghadapi Tantangan Modernisasi? Tugas Agama Islam

Berikut ini adalah tugas agama islam yang menjelaskan tentang Bagaimana Islam Menghadapi Tantangan Modernisasi? Silahkan simak dibawah ini.

Bagaimana Islam Menghadapi Tantangan Modernisasi? Tugas Agama Islam.

1. coba telusuri pengetian ilmu (knowledge) dan pengetahuan ilmiah atau ilmu pengetahuan (science) secara etologi,epistemologi dan aksiologi dari buku filsafat ilmu atau buku-buku lain! Telusuri pulu ayat-ayat al-quran yang mengandung kata ilmu dengan segala bentuknya! Tuangkan hasil penelusuran anda dalam kertas kerja, kemudian komunikasikan kepada teman-teman anda!
Jawab:
kata ilmu diambil dari bahasa arab “alima-ya`lamu”ilaman artinya mengetahui,pengehtahuan. Secara etimologis ilmu artinya jelas,terang,baik proses perolehannya maupun objek kajianya, Dengan demikian,pengetahuan adalah segala sesuatu yang di ketahui manusia melalui tangkapan panca indra dan hati (al-qaib), Adapun ilmu dalam arti sains (science) atau ilmu pengetahuan atau disebut juga pengetahuan ilmiah (al-ilmu wa al-ma”rif ) adalah suatu sistem  pengetahuan menyangkut suatu bidang  pengalaman tertentu dan disusun sedemikian rupa dengan meteologi tertentu(ilmiah) sehingga menjadi satu kesatuan(sistem).

2. temukan  lebih jauh, apa yang dimaksud dengan beberapa derajat pada ayat diatas? Tunjukkan sikap anda karena anda pasti bisa
Jawab: 
makna dari ayat tersebut adalah bahwa Allah SWT akan meninggikan orang-orang  yang  di berikan ilmu di atas iman nya kepada Allah SWT dengan banyak tingkatan (derajat) atau  meninggikan orang-orang yang berilmu dari kalangan orang-orang beriman secara khusus dengan banyak tingkatan karamah dan ketinggian martabat.

3. perkembangan seni dalam dunia islam pada masa silam merupakan refleksi para seniman muslim pada saat itu terhadap ajaran islam yang mereka pahami. Coba lah anda kaji  masalah itu! Misalnya, anda  mengacu buku  the cultural atlas of  islam karya ismail al-Faruqi. Anda pasti bisa!
Jawab: 
dalam  agama Islam seni  merupakan sebuah bentuk keindahan dan sebagai bentuk dari penyebaran Islam di dunia. Melalui seni Islam berkembang pesat di seluruh penjuru dunia. Selain itu, seni juga memperkokoh amal kebajikan dan kebaikan dikalangan umat manusia.Dengan bakat seni yang ada, para seniman muslim ternyata mampu menggunakan berbagai teknik, bentuk seni yang terbuka di tempat yang berlainan ke dalam daerah seni dan budaya Islam

4. amati foto dibawah! Seni budaya bangsa indonesia yang  pada  masa dahulu tidak hanya merefleksikan pemahaman para seniman terhadap ajaran islam, namun juga karya seni dimaksudkan sebagai media untuk menciptakan kerukunan, kegotongroyongan, kontrol sosial, bahkan menjadi pengunggah semangat mengusir penjajah. Coba susunlah arqumen akademik mengenai hal ini! Diskusikan dengan teman-temanmu untuk memperoleh pengayaan!
Jawab:
seni merupakan ekspresi kesucian hati. Hati yang bening melahirkan karya seni yang beradap, sedangkan hati yang kotor tentu melahirkan karya seni yang tidak beradap. Hidup dengan seni menjadikan hidup menjadi indah, damai, dan nyaman. Dengan demikian seni juga dapat menciptakan kerukunan, kegotongroyongan, kontrol sosial, bahkan menjadi pengunggah semangat mengusir penjajah.

5. cermati ayat-ayat berikut. (QS An-Nisa`/4: 134), (QS Al-Munafiqun/63:9), (QS At-Takasur/105: 1-2), (QS At-Taubah/9:24), (QS An-Nisa/4:29-30), (QS Al-Baqarah/2:219). Bagaiman pendapatmu? Lakukan analisis perbandingan antara karakter manusia berbasis ekonomi islam dan karakter manusia berbasis prinsip-prinsip ekonomi lainya
jawab: 
karakter ekonomi  Ekonomi Islam adalah Aqidah sebagai substansi (inti) yang menggerakkan dan mengarahhkan kegiatan ekonom, Syari’ah sebagai batasan untuk memformulasi keputusan ekonomi, Akhlak berfungsi sebagai parameter dalam proses optimalisasi kegiatan ekonomi sedangkan pada ekonomi lainnya adalah Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar,Manusia dipandang sebagai mahluk homo-economicus, yang selalu mengejar kepentingann (keuntungan) sendiri,Paham individualisme didasarkan materialisme, warisan zaman Yunani Kuno (disebut hedonisme).

6. kesalahpahaman terhadap islam sering muncul dari ranah politik. Tidak sedikit orang menilai bahwa islam disebarkan tiada lain dengan politik kekerasan bukan dengan jalan dakwah dan kultural. Perang, jihad, negara islam, disalah pahami sebagai  metodologi dan tujuan akhir. Sebagai pembanding cobalah anda baca ulang dan pahami pertanyaan-pertanyan berikut! Apa isi dan konsep piagam madinah? Bagaimana sikap anda dalam  mengimplementasikan isi piagam tersebut dalam konteks keinsonesian yang majemuk?
Jawab:  
Adapun diantara isi Piagam Madinah sbb:
1.Kaum Yahudi bersama kaum muslimin wajib turut serta dalam peperangan.
2.Kaum Yahudi dari Bani Auf diperlakukan sama kaum muslimin.
3.Kaum Yahudi tetap dengan Agama Yahudi mereka, dan demikian pula dengan kaum muslimin.
4.Semua kaum Yahudi dari semua suku dan kabilah di Madinah diberlakukan sama dengan kaum Yahudi Bani Auf.
5.Kaum Yahudi dan muslimin harus saling tolong menolong dalam memerangi atau menhadapi musuh.
6.Kaum Yahudi dan muslimin harus senantiasa saling berbuat kebajikan dan saling mengingatkan ketika terjadi penganiayaan atau kedhaliman.7Kota Madinah dipertahankan bersama dari serangan pihak luar.8Semua penduduk Madinah di jamin keselamatanya kecuali bagi yang berbuat jahat.
Adapun konsepnya:
1. Semua warga negara memiliki hak yang sama terhadap negara
2. semua warga negara memiliki kewajiban yang sama terhadap negara
3. negara menghargai keberadaan setiap kelompok yang ada di dalam negara tersebut
4. negara menghargai keberadaan dari peraturan dari setiap kelompok yang ada di dalam negara tersebut
5. negara memutuskan permasalahan atas anggota dari suatu kelompok sesuai dengan aturan yang ada di dalam kelompok tersebut
6. bila ada permasalahan antar kelompok atau antar anggota antar kelompok, maka permasalahan diselesaikan dengan musyawarah atau Hukum Nasional.
7. setiap warga negara wajib menjaga hak azasi dari warga negara yang lainnya.
8. setiap warga negara harus saling bekerja sama dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.
9. setiap warga negara sangat dilarang saling bekerja sama dalam kejahatan
10. setiap warga negara harus mengusahakan kondisi yang kondusif untuk pergaulan yang normal dan santun
Indonesia sebagai negara yang terdiri dari masyarakat majemuk tentu bercita-citakan mampu membangun masyarakat madani, Tidak dapat dipungkiri bahwa corak masyarakat Indonesia dan Madinah kala itu hampir sama. Madinah terdiri dari beberapa suku yang bertolak belakang dan tidak akur, begitupun di Indonesia yang terhimpun atas beberapa kelompok agama, suku, dan ras yang masing-masing memiliki kepentingan.jadi tidak menutup kemungkinan isi dan konsep piagam madina dapat diimplementasikan.

7. Anda dapat menelusuri berbagai kitab tafsir mengenai dua kata kunci ini: “abdullah dan khalifatullah” susunlah karakter rinci mengenai dua sosok itu dan bagaimana praktiknya dalam kehidupan bangsa indonesia dewasa ini?
Jawab: 
Sebagai hamba Allah, manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang kecil dan tak memiliki kekuasaan. Tugas Abdullah hanya menyembah kepada-Nya dan berpasrah diri kepada-Nya.Menyembah Allah Swt dengan arti sempit mengerjakan salat, puasa, zakat dll. Namun, dalam arti luas sebagai hamba mempunyai kewajiban atas hablu minannas (hubungan muamalat atau sosial antar manusia) dan hablu mina Allah (hubungan baik antara hamba dengan Allah SWT).
Khalifah kedudukan dimuka bumi sangatlah besar tanggungjawabnya dan otoritas yang sangat besar. Sebagai khalifah, manusia diberi tangung jawab terhadap alam dan umat. Sebagai wakil Tuhan manusia juga diberi otoritas ketuhanan; menyebarkan rahmat Tuhan, menegakkan kebenaran, membasmi kebatilan, menegakkan keadilan, dan bahkan diberi otoritas untuk menghukum mati manusia.

8. Berikutnya untuk menggali khazanah ilmiah, anda dapat menelaah beberapa kata seperti basyar,al-insan, dan  an-nas dalam al-quran. Gunakan fasilitas kamus arab seperti kitab mu”jam al Mufahras li Alfazh Al-Quran karangan Fuad Abdul Baqi. Anda akan mendapatkan informasi yang banyak tentang kandungan Al-Quran, khususnya mengenai “hakikat manusia” tuangkan hasil penelusuran anda dalam kertas kerja anda!
Jawab:
Menurut Islam manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling  mulia di antaramakhluk ciptaan  yang  lain yang dipercaya untuk menjadi khalifah di mukabumi) dengan segala usaha kerja keras dan doa manusia dapat menemukan jalan kehidupannya sendiri kecuali pada beberapa ketetapan yang tak bisadiubah  rejeki,mati &jodoh

9. Baca ayat-ayat al-quran ini: QS Al-baqarah/2:30-34; QS An-Nahl/16:78; QS Al-Kahfi/18:75 dan 100; QS Ali imran/3:7; QS Al-Alaq/90:1-5; QS Al-An”am/6:11; QS Al-Jamu”ah/62:10; dan  QS Ali Imran/3 137-138. Simpulkan  menjadi sebuah esai singkat kemudian komunikasikan kepada teman-teman anda agar memperoleh pengayaan!
Jawab:

10. Lakukan perbandingan antara prinsip-prinsip siyasah diatas dan kehidupan politik diindonesia! Apakah sistem plitik dan etika para pelaku  politik telah mencerminkan  nilai-nilai prinsipiil siyasah  islam diatas? Menurut anda bagaimana kontektualisai prinsip-prinsip diatas diselaraskan dengan  sosio budaya dan sosio politik indonesia yang unik
Jawab: 
Sistem pemerintahan di Indonesia dijalankan berdasarkan konstitusi UUD 1945, dengan spirit ideologi pancasila. Mengingat Indonesia adalah Negara dengan penduduk yang sanagat majemuk, baik dari segi adat istiadat maupun agama. Sehingga dalam UUD telah dicantumkan peraturan-peraturan yang sifatnya menyeluruh dan mengikat seluruh bangsa Indonesia. Apabila sistem pemerintahan Indonesia ditinjau dari persfektif siyasah syar’iyah (politik Islam), sedikit banyak telah sesuai dengan semangat yang Islami, walaupun secara formal tidak dijadikan sebagai landasan hukum, namun secara substansi telah tercermin dalam UUD dan Pancasila. Karena inti daripada siyasah syar’iyah adalah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat demi terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa.

11. Dapatkah moderinisasi dilaksanakan. Sedangkan  islam adlah agama yang sudah jelas dan pasti norma dan aturanya? Dapatkah kemajuan dicapai sedangkan islam tetap menjadi pedoman dalam kehidupan? Idenfikasikan beberapa hal yang mungkin dapat menjadi jawaban!
Jawab: 
Sebenarnya modernisasi bukanlah sesuatu hal yang substansial untuk ditentangkalaumasih mengacu pada ajaran Islam. Sebab Islam adalah agama universal yang tidakakanmembelenggu manusia untuk bersikap maju, akan tetapi harus berpedoman kepadaIslam.Dalam Islam yang tidak dibenarkan adalah Westernisasi, yaitu total way of life dimanafaktor yang paling menonjol adalah sekularisme, sebab sekulraisme selalu berkaitan dengan
ateisme dan sekularisme itulah sumber segala imoralitas.Secara historisIslam sebenarnya tidak memiliki masalah dengan modernitas. Dalamsoal ilmu pengetahuan, banyak sekali Hadist Nabi yang secara langsung menganjurkanumat Islamuntuk menuntut ilmu. Al-Qur’an juga selalu menyerukan manusia untukberpikir, menalardan sebagainya. Dalam hal filsafat, misalnya, meski tafsiran para filsufatas beberapanoktah ajaran agama tidak bisa diterima kalangan ulama ortodoks, namunpara filsufMuslim itu berfilsafat tentu karena dorongan keagamaan, untuk membela danmelindungikeimanan agama.

12. Lakukan pencermatan! Apakah dengan memahami karakteristik islam diatas, maka dapt dinilai bahwa ajran islam bertentangan dengan moderenisasi? Lalu moderenisasi seperti apa yang dapat kita rancang dan usulkan sebagai solusi dari islam? Komunikasikan hasil pencermatan anda kepada dosen dan teman-teman!
Jawab:
Modernisasi jaman sekarang berkembang sangat pesat. Banyak diantaranya tidak sesuai dengan kaidah islam. Oleh karena itu , kita harus bisa menghadapi sebuah tantangan tersebut dengan prespektif yang baik. Agar kita bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk dari modernisasi. Sehingga, kita bisa hidup dengan modernisasi sesuai kaidah islam.

13. Coba uraian diatas anda permudah dengan menyusun skema mengenai kegiatan-kegiatan mendesakn yang daoat dirumuskan dan dikerjakan dalam masing-masing program! Kegiatan-kegiatan yang anda usulkan sebaiknya langsumg menunjukkan sikap anda sebagai akademisi yang memiliki kepeddulian mengenai pentingnya islam bagi perkembangan  masyarakat.
Jawab: 
Program pertama adalah perlunya dikembangkan penafsiran sosial struktural lebihdaripada penafsiran individual ketika memahami ketentuan-ketentuan tertentu didalam Al-Quran.
Program kedua adalah mengubah cara berpikir subjektif ke cara berpikir objektif.Tujuan dilakukannya reorientasi berpikir secara objektif ini adalah untukmenyuguhkan Islam pada cita-cita objektif. Kuntowijoyo memberikan contohketentuan zakat. Secara subjektif, tujuan zakat memang diarahkan untuk pembersihan jiwa kita. Akan tetapi, sisi objektif tujuan zakat adalah tercapainyakesejahteraan sosial.
Program ketiga adalah mengubah Islam yang normatif menjadi teoretis. Selama ini,kita cenderung lebih menafsirkan ayat-ayat Al-Quran pada level normatif dankurang memperhatikan adanya kemungkinan untuk mengembangkan norma-normaitu menjadi kerangka teori ilmu. Secara normatif, kita mungkin hanya dapat mengembangkan tafsiran moral ketika memahami konsep tentang fuqarā` danmasākīn. Kaum fakir dan miskin paling-paling hanya akan kita lihat sebagai orang-orang yang perlu dikasihani sehingga kita wajib memberikan sedekah, infaq, atauzakat kepada mereka. Dengan pendekatan teoretis, kita mungkin akan dapat lebihmemahami konsep tentang kaum fakir dan miskin pada koteksyang lebih riil dan lebih faktual sesuai dengan kondisi-kondisi sosial, ekonomi, dan kultural. Dengan cara itu, kita dapat mengembangkan konsep yang lebih tepat tentang fuqarā` danmasākīn itu pada kelas sosial dan sebagainya. Dengan demikian, kalau kita berhasilmemformulasikan Islam secara teoretis, banyak disiplin ilmu yang secara orisinaldapat dikembangkan menurut konsep-konsep Al-Quran.
Program keempat adalah mengubah pemahaman yang ahistoris menjadi historis.Selama ini pemahaman kita mengenai kisah-kisah yang ditulis dalam Al-Qurancenderung sangat bersifat ahistoris, padahal maksud Al-Quran menceritakan kisah-kisah itu adalah justru agar kita berpikir historis.
Program kelima adalah merumuskan formulasi-formulasi wahyu yang bersifat umum menjadi formulasi-formulasi yang spesifik dan empiris.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Islam Menghadapi Tantangan Modernisasi? Tugas Agama Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel